Friday, November 25, 2016

Yuk, Kenali 5 Variasi Bakso Lezat dari Asia

Yuk, Kenali 5 Variasi Bakso Lezat dari Asia
TAK hanya di Tanah Air, variasi hidangan bola daging atau bakso juga mudah ditemukan di banyak negara, terlebih di kawasan Asia. Jika Anda benar-benar penyuka bakso, sepertinya harus berkenalan dulu dengan lima variasi bakso lezat dari Asia.
Siapa tahu Anda pergi ke negara tersebut dan bisa jelajah rasa dengan aneka bakso lezat guna menambah pengalaman bersantap Anda. Yuk simak ulasan lengkapnya 
Lion’s head
Berasal dari provinsi China Timur, tepatnya di Jiangsu ada satu sajian bola daging yang cukup terkenal. Hidangan ini disebut lion’s head. Terbuat dari daging babi cincang, lemak dan sari kacang chestnut. Hidangan ini mirip seperti bakso di Tanah Air karena disajikan dengan kuah kaldu serta kubis atau sawi. Bumbu yang digunakan seperti jahe, rice wine dan minyak wijen.
Bakso
Konon, sejarah bakso di Tanah Air berawal dari imigran China yang membawa hidangan khas semacam bola daging dan bola ikan. Seiring perjalanannya, bakso di Indonesia kian membentuk ciri khas tersendiri.
Teksturnya lebih kenyal karena terbuat dari campuran daging sapi dan tepung kanji. Lalu disajikan dengan kuah kaldu, campuran mi, bihun dan berbagai pelengkap lain seperti bawang merah goreng dan tauge.
Bo Vien
Hampir sama seperti bakso di Tanah Air, namun bola daging di Vietnam juga disuguhkan dengan pho, atau sup kaldu khas Vietnam. Bo vien merupakan salah satu warisan kuliner di Vietnam dan ada pengaruh dari imigran China juga.
Baksonya dibuat dengan daging sapi, ayam atau babi yang dicincang, lalu dibentuk bola dan dimasak sampai kenyal. Sajian ini menawarkan tekstur unik dari bakso dan gurihnya kuah kaldu dari sup Pho yang lezat.
Tsukune
Berbeda dengan hidangan bola daging di negara Asia lainnya. Untuk varian bakso di Jepang tak disajikan dengan kuah kaldu, melainkan ditusuk dan dipanggang dengan saus khas.
Hidangan ini disebut tsukune, terbuat dari campuran daging ayam cincang dan tepung. Kemudian diolah dan masak, lalu proses akhirnya ditusuk dengan tusukan sate, lalu dipanggang seperti yakitori atau sate.
Albondigas
Hidangan seperti albondigas dapat ditemukan mulai dari Spanyol, Meksiko sampai Filipina. Bahan dan cara pembuatannya hampir mirip dengan kofta dari Timur Tengah, namun di Spanyol terbuat dari campuran daging sapi dan babi cincang, kemudian direbus dengan berbagai saus, seperti tomat, bawang putih dan almond.
Di Meksiko, bakso atau albondigas diisi dengan telur, lalu disajikan dengan kaldu atau saus bbq. Di Filipina, sajian ini disebut almondigas, disajikan dengan kuah kaldu dan mi beras (kwetiau atau bihun).
Sumber:.okezone.com

No comments:

Post a Comment