Sunday, November 20, 2016

Sejarah Singkat Bakso, Asalnya dari Bangsa Persia?

SAJIAN lezat, terdiri dari bola daging berbumbu atau mudahnya disebut bakso, merupakan salah satu makanan favorit banyak kalangan. Tak hanya di Indonesia, di negara lainnya pun tersedia hidangan serupa.
Tahukah Anda, bahwa bakso awalnya berasal dari bangsa Persia? Selain itu ada sejumlah deretan bakso lainnya yang punya ciri khas masing-masing di beberapa negara. Simak ulasan berikut ini, seperti dikutip Seriouseats.
Kofta
Konon, awal mula bola daging atau bakso berasal dari Persia. Ini adalah tempat kelahiran kofta. Zaman dahulu, orang Persia mengenalkan hidangan ini untuk orang Arab, kemudian dibawa ke Italia hingga ke Spanyol dan disebut albondigas.
Kini, kofta begitu populer sebagai bola daging atau bakso khas Timur Tengah. Khususnya di Maroko dan Turki, kofta punya banyak varian jenis dan paduan bumbu. Umumnya kofta terbuat dari daging sapi atau domba.
Pulpety
Seperti kebanyakan di negara lain, ada lebih dari satu jenis bakso yang tersaji di Polandia. Anda dapat menemukan bola daging sapi goreng, bola daging babi yang disebut klopsiki dan yang paling menarik, pulpety. Sajian ini terbuat dari daging sapi cincang dibentuk bulat, dicampur sayuran, lalu direbus. Pulpety kerap tersaji dengan saus jamur, krim asam, sampai saus khas berwarna kemerah-merahan.
Frikadeller
Frikadeller merupakan salah satu hidangan khas Denmark yang paling populer. Bakso ini punya bentuk agak kecil dan pipih, kemudian ditumis, lalu disajikan pada sandwich. Atau di Eropa Utara seringkali disuguhkan dengan kentang, saus dan kubis.
Kottbullar
Kottbullar terbuat dari daging babi atau sapi. Bakso asal Swedia ini ditumis dan dilumuri saus putih yang terdiri dari susu, tepung terigu dan kaldu.
Bakso asal Italia-Amerika

Bola daging yang kini populer di Amerika Serikat sebenarnya berawal dari imigran asal Italia pada zaman dulu. Awalnya, mereka menyajikan spaghetti dengan bola daging dengan saus tomat yang khas. Kemudian jadi begitu populer dan jadi favorit banyak kalangan.
Sumber:.okezone.com



No comments:

Post a Comment